Sunday, February 10, 2008

Khasiat/manfaat coklat.......

Dalam menjawab pertanyaan bahwa coklat hanya sekedar junk food, kita harus mengetahui khasiat coklat terlebih dahulu. Khasiat coklat itu diantaranya:
1. coklat ternyata berkhasiat membuat umur seseorang menjadi lebih panjang.
2. Mencegah risiko penyakit jantung koroner dan kanker.
3. Mencegah penuaan dini yang bisa terjadi karena polusi ataupun radiasi.
4. Dapat membuat orang tenang dan membuat perasaan menjadi gembira.
5. Menurunkan tekanan darah.
6. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa coklat mungkin juga memiliki manfaat untuk mengobati penyakit stroke.
Setelah kita mengetahui khasiat coklat, ternyata coklat sangat bermanfaat bagi kesehatan. Pertanyaannya sekarang adalah apa yang terkandung dalam coklat sehingga membuat coklat bisa bermanfaat bagi kesehatan? Saya akan mencoba memberikan sedikit ulasan berdasarkan data-data yang saya peroleh. Ada baiknya pula kita mengetahui komposisi yang terkandung dalam coklat.
Berikut komposisi yang terdapat dalam coklat:
1. Asam Stearat (35%) dan Asam Palmitat (25%).
2. Asam Oleat (35%) dan Asam Linoleat (3%).
3. Gula (Sukrosa).
4. Theobromine.
5. Polyphenol.
6. Phenyletylamine
7. Katekin.

Suatu studi epidemiologis telah dilakukan pada mahasiswa Universitas Harvard yang terdaftar antara tahun 1916-1950. Dengan menggunakan food frequency questionnaire berhasil dikumpulkan informasi tentang kebiasaan makan permen atau coklat pada mahasiswa Universitas Harvard. Dengan mengontrol aktivitas fisik yang dilakukan, kebiasaan merokok, dan kebiasaan makan ditemukan bahwa mereka yang suka makan permen/coklat umurnya lebih lama satu tahun dibandingkan bukan pemakan. Diduga antioksidan fenol yang terkandung dalam coklat adalah penyebab mengapa mereka bisa berusia lebih panjang. Coklat mengandung polyphenol dalam jumlah yang cukup tinggi dan bisa berfungsi sebagai antioksidan. Senyawa phenolik ini dapat menurunkan resiko penyakit jantung dengan cara mencegah oksidasi dan pengendapan senyawa lemak dalam darah pada pembuluh darah serta merusak lipoprotein Low Density Lipid (lemak jahat). Fenol ini juga banyak ditemukan pada anggur merah yang sudah sangat dikenal sebagai minuman yang baik untuk kesehatan jantung. Coklat mempunyai kemampuan untuk menghambat oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, sehingga dapat mencegah risiko penyakit jantung koroner dan kanker.Lemak pada coklat, sering disebut cocoa butter, sebagian besar tersusun dari lemak jenuh (60%) khususnya stearat. Tetapi lemak coklat adalah lemak nabati yang sama sekali tidak mengandung kolesterol. Kandungan stearat yang tinggi pada coklat disinyalir menjadi penyebab mengapa lemak coklat tidak sejahat lemak hewan. Telah sejak lama diketahui bahwa stearat adalah asam lemak netral yang tidak akan memicu kolesterol darah. Mengapa? Stearat ternyata dicerna secara lambat oleh tubuh kita dan juga diabsorpsi lebih sedikit. Sepertiga lemak yang terdapat dalam coklat adalah asam oleat yaitu asam lemak tak jenuh. Asam oleat ini juga dominan ditemukan pada minyak zaitun. Studi epidemiologis pada penduduk Mediterania yang banyak mengkonsumsi asam oleat dari minyak zaitun menyimpulkan efek positip oleat bagi kesehatan jantung.Selain itu, Peneliti Univeristas California juga menemukan flavan-3-ols, senyawa yang ditemukan dalam coklat ini dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.
Tunggu posting-an saya selanjutnya...saya minta komentar dari teman-teman semua ya.

11 comments:

Serenity said...

infonya sangat bermanfaat, saya mau nanya kalau yang coklat putih itu sama nggak manfaatnya /khasiatnya seperti info diatas?
Terimakasih.
salam,
susy

berbagi cerita said...

Wah..thx wat infona..
minta ijin ngopy wat artikel blogQ yua..
heE...
mkaci !!

catatan salah satu alvinoszta said...

minta izin copy yang ini juga ya. :) thanks

Lizza Amini Gumilar said...

oh gitu ya...info keren ni :)

Infobisnisanda said...

Lihat juga 10 manfaat cokelat bagi kesehatan di http://belajar-berwiraswasta.blngspot.com. Terima kasih.

cettachoco said...

mantep bener.. emang coklat bagus banget buat tubuh kita, kulitpun jadi halus, menenangkan syaraf....

numpang lapak... kl minat kue coklat ke sini aja: http://cettachoco.multiply.com, atau facebook cettachoco

[IMG]http://i31.tinypic.com/2606esp.jpg[/IMG]

ijin copas boleh ya sis...

adam said...

info yang sangat bagus.. kini ada juga coklat yang digabungkan dengan susu kambing bagi menambahkan lagi khasiatnya.

Astana Bagus said...

terima kasih atas info nya mbak
ini sangat bermanfaat sekali bagi saya

salam kenal

AFI=169 said...

ini berlaku buat cacao powder juga kan? *habis bikin hot choco pake cacao powder + gula ajah*

aku izin copy ke blog-ku buat nunjang resep ya... :)

regards,
Afi

Kepik Candy : The Chocolate World said...

Pengetahuan Mbak tentang cokelat sangat bermanfaat untuk saya. Ijin coppas ya Mbak..

bunga melati said...

infonya sangat berguna,,,,,
moga bisa bermanfaat untuk semuanya,,