Friday, March 7, 2008

Jenis-jenis Coklat

Produk coklat cukup beraneka ragam. Misalnya, ada coklat susu yang merupakan adonan coklat manis, cocoa butter, gula dan susu. Selain itu ada pula coklat pahit yang merupakan coklat alami dan mengandung 43% padatan coklat.

Berikut ini Jenis-jenis coklat yang beredar dipasaran antara lain :
1. Couverture
Jenis coklat terbaik, coklat ini sangat murni dengan persentase lemak kakao-nya yang tinggi sehingga menghasilkan flavor yang sangat baik. Biasanya digunakan untuk pembuatan produk coklat buatan tangan. Sebelum digunakan coklat jenis ini di-temper (dilelehkan) terlebih dahulu.
2. Plain Coklat
Coklat jenis ini baik digunakan untuk kue, cake, dll. Persentase massa kakao bervariasi antara 30% - 70%. Semakin tinggi konsentrasi massa kakao semakin baik flavornya.
3. Milk Coklat
Merupakan campuran gula, cocoa butter, coklat cair, susu dan vanilla. Coklat jenis ini paling banyak dikonsumsi. Massa kakao nya cukup rendah hanya 20% dan rasanya lebih manis dibandingkan plain coklat. Cokelat yang satu ini pasti disukai anak-anak karena bisa langsung disantap dengan rasa yang manis dan lembut karena mengandung susu. Jika Anda hendak membikin kue, cokelat jenis ini bukanlah pilihan yang baik. Selain kandungan cokelatnya relatif sedikit, cokelat ini mudah hangus bila dilelehkan.
4. White Coklat
Merupakan campuran gula, cocoa butter, susu dan vanilla. Tidak mengandung massa kakao, flavor dihasilkan dari lemak kakao. Selain dikonsumsi langsung juga digunakan untuk dekorasi. Cokelat ini terbuat dari lemak cokelat, gula, dan vanili. Ia tak mengandung cokelat padat. Karena mudah hangus, ada baiknya dimasak dengan hati-hati.
5. Kakao
Produk yang terbuat dari massa kakao setelah lemak kakao nya dipisahkan. Produk ini sangat mudah diolah dan ekonomis.
6. Minuman Coklat
Produk minuman dari coklat yang terdiri dari massa kakao dan mengandung kadar gula yang tinggi.
7. Produk Coklat Lain
Berbagai jenis kembang gula coklat.


Setelah mengetahui jenis-jenis coklat, ada baiknya kita mengetahui pula kandungan gizi yang terdapat dalam coklat, apa saja kandungan gizi-nya ya 
ehmm....

7 comments:

djoko budi said...

Sungguh informasi yang bermanfaat . .
Semoga Allah SWT menambah ilmu dan barokah rezeki yang banyak pada anda . .
Mohon info detail tata cara alkalizing biji kakao . . terima kasih.
Wasslm,
Djoko Budi Walujo
Jakarta

Rindy said...
This comment has been removed by the author.
Rindy said...

Halo..Saya mau tanya dimana saya dapat membeli coklat batangan kualitas premium yang dapat saya olah lagi dan apakah anda tahu merek apa yang kualitasnya bagus dan dapat dibeli dimana?Di Indonesia kalo ada tapi kalo harus import, dimana saya dapat melihat informasinya..Thank's Informasi anda akan sangat berguna sekali..^^V

Regards,
Rindy
Jakarta

cokelat lolipop said...

Halo mba.
boleh qt exchange link?
Makasih

UMMU MARYAM said...

assalaamu'alaykum..blognya bagus...ijin share di blog aku ya mbak...terimakasih.

Rizal Triyandi said...

blog nya bagus,
kalo di tambah dengan resep resep mungkin lebih bagus yaah???

dhowi ahmada said...

mbak, minta tlong ya.,
merk apa ya bubuk kakau yg sudah di pisah zat lemaknya dan zat gulanya, mhon infonya .nama dagang di pasaranya apa? Trims